Posisi
Home > BERITA > Kepala Kejaksaan Negeri Blitar Hadiri Launching Sentra Gakkumdu Kabupaten Blitar untuk Pemilu 2024

Kepala Kejaksaan Negeri Blitar Hadiri Launching Sentra Gakkumdu Kabupaten Blitar untuk Pemilu 2024

Kepala Kejaksaan Negeri Blitar dalam Peresmian Sentra Gakkumdu Kabupaten Blitar (07/11/2022)

Kejaksaan Negeri Blitar bersama Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Blitar dan Kepolisian Resort Blitar launching Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) untuk Pemilu tahun 2024 di Hotel Grand Mansion Jl. Melati No. 90 Kota Blitar, Senin ( 07/11/2022).

Launching tersebut dihadiri oleh perwakilan Kejaksaan Negeri Blitar, perwakilan dari Kepolisian, anggora Bawaslu, serta anggota KPU Kabupaten Blitar.  Disamping itu turut hadir dalam acara adalah perwakilan dari partai politik, ormas dan tokoh masyarakat.

Acara di buka oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar, Abdul Hakam Sholahudin yang menyampaikan bahwa Gakkumdu dibentuk dari 3 unsur yaitu Bawaslu, Kejaksaan,dan Kepolisian. Dengan Gakkumdu ini, Harapan kami adalah antar instansi dapat bekerjasama dengan baik sehingga tercipta situasi kondusif dalam Pemilu 2024 di Kabupaten Blitar.

Kepala Kejaksaan Negeri Blitar, DR. Erry Pudyanto Marwantono, SH.,MH. dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam penanganan tindak pidana terkait Pemilu harus profesional serta melakukan koordinasi dan sinergi dengan baik antar unsur yang terlibat Gakkumdu.

Kajari Blitar berharap dengan dilaunchingnya Sentra Gakkumdu Kabupaten Blitar, “Diharapkan antar lembaga dapat melakukan  koordinasi dengan baik dalam penanganan tindak pidana Pemilu. Sehingga ikhtiar kita agar kegiatan Pemilu yang dilaksanakan  tahun 2024 berjalan dengan aman kondusif tercapai,” jelasnya menutup sambutan.

Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kabupaten Blitar

Tabuh Kendang Jimbe, Seremonial Launching Sentra Gakkumdu Kabupaten Blitar (7/11/2022)

Berdasarkan Peraturan Bawaslu No 31 Tahun 2018 tentang Sentra Penegakan Hukum Terpadu, Sentra Gakkumdu berkedudukan di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, serta di luar negeri yang kedudukannya di sekretariat masing-masing Bawaslu dan Panwaslu Luar Negeri.

Fungsi sentra Gakkumdu yang utama adalah melakukan gelar perkara untuk menemukenali unsur-unsur tindak pidana pemilu dan bukti-bukti yang harus dikumpulkan. Selain itu fungsi sentra gakkumdu untuk membantu pengawas pemilu dalam membuat kajian tindak pidana pemilu.

Sentra Gakkumdu Kabupaten Blitar yang beralamatkan di Kabupaten Blitar jalan A. Yani  No. 42 Kota Blitar memiliki jumlah personil sebanyak 25 anggota dari 3 unsur yaitu Bawaslu, Kejaksaan, dan Kepolisian.

Top